Senin, 28 Juli 2008

- - w.0.c.a - -

12-14 juli kmaren, IAAS LC UB ngadain working camp di desa Kondang Merak.
dan akupun mulai berkisah...
HARI I
Qt berangkat dari sekret jam 10.30, molor 3,5 jam dari jadwal. Biasaaaa….ga pake WIB, tp WIAP (Waktu Indonesia Ala Project),,ahhaa!! Perjalanannya 3jam-an lah, rame2 naek truck bo! Q duduk pojok belakang, ma Anya’, mb. Ayik, mb. Indri, mz Ikhsan, Mz Coki, Dika n Devit. Menyenangkan, bizna selama perjalanan qt ngobrol2, dengerin crita mz Ikhsan ndeskripsiin Kondang Merak, n banyolannya mz Coki juga. Saking lamanya, qt sempet terlelap untuk bbrp saat, kemudian terbangun karma memasuki area gunung kapur, jalanan terjal bo’! So, qt berdiri, kayak pawai gt,,h0h0h0… , debunya akeh juga, muka serasa pake topeng..!! tp, teteup, ga sabar ngliat pantai Kondang Merak, sesuai ga sih ma critanya mz Ikhsan. Humm….
Semakin mendekati tujuan, jalanan makin berdebu, terjal dan sempit pula,
Setelah menempuh perjalanan melelahkan akhirnya sampe juga di tujuan, deuuuuh…bner kata mz Ikhsan, capek langsung ilang ngliat deburan ombak dari pantai Kondang Merak,mana sepi banget lagi, Cuma ada 1 kelompok pengunjung, laennya??? Kosong melompong!! Serasa pantai milik sendiri, hwihihi…
Hupp…sesampainya disana, qt bkin tenda (iya dunk, kudu, kan bakal dsana slama 3 hari), tp…… kamar mandi dmn yak? Fyuuuh, tyt ada, ponten umum, di tengah2 kawasan rumah penduduk, lumayan deket si ma tenda qt. Legaaa…oya, dsana emang ada penduduknya, tapi cuma sekitar 20 rmh tok, udah ada juga mushola n warung. Alhamdulillah..
Tp, dsana listrik ga boleh lebih dari 5 watt. So, dsana liat TVnya rame2 gt, ngumpul di 1 rmh, guyub bgtt… penerangan juga msi pake petromaks..
Lanjuuut…tenda udh berdiri,tas2 tertata rapi, saatnya sholat dhuhur, ambil wudlu n jamaah di mushola.
Slese itu, semua padha ke pantai, ada yang renang, maen2 aer, milah-milih kerang n rumah siput, maen bola n …….gobak sodor!!! Haaa…aneh bgtt ga sihh, tp tu emg bner2 dilakuin para kaum hawa! Gapapa, mengenang masa kecil, ihhihihi..
Stelah berkeringat semua, antri mandi, permisi, kamar mandi cuma 3 n warga IAAS LC UB cukup banyak, so, budayakan antri yaaa…dahulukan yang cew, misi…missiiii…=D. cow2nya sabar2 deh.
Setelah bersih diri, waktunya menunaikan sholat Ashar.
Ga krasa, matahari udah terbenam, menjelang gelap. Adzan maghrib berkumandang..
Hmm….perut jg udah mulai minta diisi, maklumlah, dari siang kan lum ada asupan makanan. Pas bgtt, makanan udh siap, yapp..qt emang makan di salah satu rumah penduduk, tp q lupa namanya, maaapp bu….X ), hidangannya maknyuss bgtt, ditambah dengan teh anget, sllrrpp..mantabb! tak lupa ngucapin makasih ke ibu’e
Stelah kenyang, qt kembali ke tenda. Di samping tenda, udah ada bbrp orang yang duduk2 sambil main gitar. Qt kumpul disitu, n tyt malem itu diisi ngobrl santai dg pak Edi. Pak Edi tuh bias dibilang ketua RT disitu gtwlaa…yg jelas, pak Edi tuh mantan koki yang jam terbangnya udh tinggi mpe ke mancanegara n dy juga menguasai bbrp bahas asing, truss ingin menghabiskan masa tuanya di kondang merak, karna beliau ngliat potensi yang ada di kondang merak, bkal dahsyat bgt kalo bias dikelola secara maksimal. Setelah beliau njelasin tentang jati diri bliau, lanjut ke jati diri kondang merak. Konon, desa tersebut dinamain kondang merak karna di danau yang ada disitu, dulu terdapat banyak merak yang berenang disitu…sekarang mah udah abiz, ganti ikan wader, hehehe…ada diskusi juga tentang potensi alam yang ada di kondang merak, yang dibahas mulai dari SDL nya, di sesi ini mb. Uci bersemangat bangett, scra, dy anak Teknologi Hasil Perikanan, bahkan scara langsung, dy menawarkan diri, “kira-kira, apa yang bisa saya Bantu ya pak, untuk desa ini, berkaitan dengan ilmu yang saya miliki??” *waaa….saluuut!. Trus, lanjut ke lahan, disini mz Coki dari Ilmu Tanah unjuk kebolehan, dy menganalisa asal muasal tanah, yang katanya berasal dari 2 lempengan ….blablabla….. di Kondang Merak dan memberikan usulan jenis tanaman apa yang dapat ditanam disitu, bahkan sempet adu argumen dengan pak Edi. Yang laen cuma melongo n geleng-geleng, *ga mudheng!. Lanjuuuut, ke sektor peternakan, si Dika menyoroti ayam2 kampung yang berkeliaran disitu bisa dibudidayakan dan dikembangbiakkan, whaaaa…dsarr pikiran sang peternak!!! N masih banyak usulan laen yang jadi masukan bwt pak Edi. Yang jelass, yang diharapkan pak Edi n warga disitu adalah, mereka ga menginginkan bantuan berupa materi, karna udah banyak orang yang berdatangan untuk memberikan hal tersebut, yang diharapkan adalah ilmu, yang dapat diaplikasikan warga, agar mereka dapat mandiri dan meningkatkan taraf hidupnya. Oke, oke, insyaAllah ya pak….>,<
Sesi diskusi telah selesei, dengan gt, bocah2 IAAS udah sedikit paham daerah tersebut n memikirkan aksi bermanfaat apa yang bisa dilakukan selama 3 hari disana ntar. Acara selanjutnya, bakar jagung sambil ngobrol2. Tp q ga tertarik ma jagungnya. Sebagian temen2 juga udah banyak yang masuk tenda n narik selimut. Q, Dumil, mb. Ayik, mb. Indri n Zaenal malah sempet ngumpetin hape-nya mz Coki, wikikiki….abizna, naroh sembarangan euy! =P. ndengerin crita mz Ikhsan tentang IRNnya dy tentang pembuatan edible film buat bakso. Materi kuliahq masi dangkal bangett, lumayaaaaan, lumayan ga mudheng, h0h0h0w,, si Dika kykna antusias bangett deh buat ikut KKTM gt, mpe nguber info ke rektorat, ckckck…patut ditiru…*_^
Malam semakin larut, dan nyamukpun semakin ganas, hoahmm….saatnya beranjak tidur, +_+
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
HARI II
jadwal awal, di hari itu ada penyuluhan buat orangtua mengenai budidaya rumput laut n pembuatan kincir angina. Tapiiiii…berhubung beliau-beliau padha pergi melaut, alhasiiiiiil…ga bisa dilaksanain penyuluhan ituuuu, eits, qt punya cara lain, materi yang mw disampein, yang kebanyakan berupa gambar, qt tempel di selembar asturo n dijadiin poster cantik deh, siiiip!
So, seharian itu, qt banyak nglakuin hal2 di sekitar pantai situ,ama potong — tempel — tulis bwt 3 poster penyuluhan itu. Fyuuuh…truss, truss, qt juga ngasihkan baju2 bekas layak pakai yang udah dikumpulin dari pelbagai sumber, whehehe,,,
Malemnyaaa…saatnya pelatihan bwt adek2 prasekolah n sekolah, anak2 kecil tumplek blek jadi 1, ada yang dateng ma ibunya, ada yang ma ibu n adeknya, ada yang bergerombol, hyaaaa…luthunaaaa…acara malem itu dipandu mb. Uci, n diisi beberapa aktivitas, ada ini niiiih…1.belajar sulap  naaah, disini nih, qt berusaha narik antusiasme belajar dari mreka, n alhamdulillah kena, apa yang qt ajarin, dipraktekin langsung n mayoritas dari mereka bisa niruin teknik sulap Dwi dengan benar. , truss 2.ada atraksi dari Asher, bule Spanyol yang lagi magang di Batu ni, ikut meramaikan Woca lhooooww,,,truss laghi, 3.ada lomba cepat tepat, disini, 1 anak punya 3 pendamping dari kakak IAASer sendiri,trus mereka disuru ngjawab pertanyaan dari mb.Uci,. adu cepet ma anak laen. Yang bikin konyol tu cara jawab mereka, ada yang ga mudheng pas dibisikin ma pendampingnya, ada pendamping yang ngajarin ngjawab pake English, macem2 dah…di akhir acara, masing2 anak bawa oleh2 kertas lipat bwt nyoba metode sulap yang udah diajarin. Mereka seneng, qt juga seneng…^^
Jam udah nunjukkin 21.00,rencananya ada acara baker ikan, tapi karna ikannya lum ada, jadi ditunda besoknya, n acara diganti dengan ……………sharing antar pengurus IAAS. Ngobrolin sgala macem dah, awalnya dibuka mb. Willy, dengan moderator langganan, sang Co. HRD, kak Medyawan Lugan, xixixi… intinya, qt evaluasi gt de, apa yang kudu dipertahanin n diperbaiki di kepengurusan IAAS kali ni, n cenderung mengarah ke kekompakan n kebersamaan smuwa pengurus tuhh, coz percuma aja kalo qt punya proker2 yang huwebatt n guedhe tapi pengurus padha mlempem n ogah2an. Bahkan bwt dateng ke sekretpun wegah n sungkan. So, qt obrolin, gimana caranya smuwa warga IAAS cinta mati ma IAAS, . Q slalu inget kata-kata mz Ibnu adja lah, Carilah apa yang pengen kamu dapetin dari IAAS, maka kamu akan mendapatkannya. Iyah, semuanya berasal dari diri qt sendiri, sejauh mana n sekeras apa qt berjuang bwt ngedapetin apa yang qt maw. *hyaaaa….smangat jd berkobar niyh, =P. So, langkah konkritnya adalah ……, n qt mulai menerapkannya, demi kemajuan n ketentraman IAAS tercinta, ckikiki…Malam makin larut, saatnya tidur.
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
HARI III
Saatnya BERPETUALANG!!*hwehehe…pagi hari, abiz mandi sebelum sarapan, q, Limbang n Ipeh nyoba naek rakit menyusuri danau, asiiiik, tapi, lumayan beradh juga, ngayuh dayung bgituan . Abiz makan, eh, para nelayan dating, n bawa ikan2 yang bkal qt baker ntar!!!! Sippp, alhamdulillah…so, makan lagi, makan lagi…ckckck..
Ga lama kemudian, qt udah bersiap bwt ke Bale Kambang, menerobos hutan, naek ke tebing n nglewatin pantai2, lumayan jauh, tapi nyenengin bangett….seruuuu!!!dari jam 11an mpe jam 3an, hmmm….
Sepulang dari sana, udah ada ikan bakar n degan yang menyambut, waaa……nikmatnyaaa…!!!!sllrrpp…
Eng…ing…eng…saatnya bersiap untuk pulang, balik ke malang. Segera bersih diri, sholat Ashar, berkemas, gulung tenda, nyapu2, bakar sampah n pamitan ma warga.
Dan Kondang Merakpun q tinggalkan saat senja mulai memerah ……^_*

sesaat setelah tiba di kost. . . .
Aq : Assalamu'alaikum....
mb.Kost : Wa'alaikumsalam, Me....sampeyan ko dadi tambah ireng ngunu??
Aq : Eng...Ing...Eng...[hanya senyum2 ga jelaz,,] *tyt q tll mendalami peran sbg petualang, h0h0h0...T_T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

[...Sugeng Rawuh Sedoyo...]

[...Sugeng Rawuh Sedoyo...]
Selamat datang di Gubuk Cahaya. Gubuk ini dibuat untuk berekspresi, menuangkan perasaan+ide, diskusi dan berbagi cerita. Dari gubuk inilah bermunculan karya-karya yang menjadi secercah cahaya dalam gelap.Pijakan awal pelita harapan. Semoga bermanfaat.

y9 in9in sLaLu berPijaR ...

Foto saya
malang, jawa timur, Indonesia
seorang yang belajar membuka diri, berbagi cerita ma orLa, memperkaya ilmu lewad bLog,,^^